Cara
Kerja Search Engine (Google)
Google
seperti Search Engine yang lain, menggunakan software otomatis untuk membaca,
menganalisa, membandingkan dan mengurutkan halaman website anda. Hal ini
berarti bahwa unsur-unsur visual dari website seperti layout, warna, animasi,
flash, visualisasi yang sederhana dan grafik lainnya akan diabaikan. Search
Engine Google adalah seperti orang buta yang membaca buku dengan menggunakan
huruf Braille. Berikut ini pemikiran pokok yang harus anda ketahui tentang
Search Engine Google.
Jadi,
apa yang dimaksud dengan ranking?
Jika
kita mengetik contoh “ebook” ke dalam kotak pencarian di Google, maka kita akan
mendapatkan tampilan daftar (default: 10 listing per halaman) yang Google
anggap paling relevan, kemudian akan difilter sesuai dengan relativitas
keinginannya. Website yang paling relevan dan paling penting akan ditampilkan
dalam daftar secara descending (mulai dari paling relevan hingga tidak begitu
relevan). Untuk Google, relevansi halaman web tergantung pada seberapa baik
halamannya pada kata atau phrase pencarian. Arti penting pada sisi lain yaitu
bergantung pada kualitas dan kuantitas (jumlah) link yang menunjukkan ke
halaman website anda dari halaman website lain. Jika website anda tidak tampil
pada top 30 itu karena trafik Google atau Search Engine sangat cepat berubah,
atau hal ini disebabkan oleh jarangnya orang mencari halaman website tersebut.
Kapan
Google datang mengunjungi website Kita?
Untuk
masuk dalam daftar indeks Database Google, maka Google akan mengunjungi websie
anda dengan menggunakan:
· Robot
· Spider
Kedua
program ini akan membaca setiap halaman melalui halaman utama dan diikuti dengan
memasuki setiap link ke semua halaman website kita. Google tidak akan
menambahkan halaman web kita ke dalam indeks databasenya kecuali jika ada
minimal satu halaman web lain dalam indeks tersebut yang mempunyai link ke satu
halaman lainnya. Jadi jangan pernah memasukkan website kita secara langsung ke
Google. Atur terlebih dahulu setiap link halaman web kita sebelum di masukkan
ke Google. Dahulu Google mempunyai 2 tipe Crowl (penjelajah website),
yaitu:
·
Deep
Crawl atau Main Crawl
Tipe ini mempunyai kebiasaan
menjelajah setiap halaman website tiap mendekati akhir bulan.
·
Fresh
Crawl
Tipe ini mempunyai kebiasaan
menjelajah beberapa kali setiap minggu (setiap hari untuk beberapa website),
tetapi pada halaman tertentu saja.
Semakin popular website kita, semakin
sering Google mengunjungi website tersebut. kita dapat menentukan kapan website
kita terakhir dikunjungi oleh Google dengan melihat tanggal yang tampil pada
baris paling bawah di listing hasil halaman pencarian Google.
·
Deep/Main
Crawl & Google Dance
Deep/Main Crawl adalah kebiasaan
yang dilakukan oleh spider utama yang disebut Googlebot. Google akan
memperbaharui indeks utama sebulan sekali setelah Deep/Main Crawl mengunjungi
semua website secara lengkap (Google sekarang cenderung menemani semua perubahan
lebih lanjut walaupun pembaharuan bulanan masih terjadi dari waktu ke waktu).
Hal ini merupakan kritik pada
website kita yang berjalan ketika Google mengunjunginya. Jika website kita di
bawah, maka listing di Google, kemungkinan menghilang yang akan tampil pada
update berikutnya. Google akan berpikir bahwa website kita tidak lagi ada dan
kemungkinan dibuang dari indeks dalam database Google. Proses ini umumnya
dimulai minggu terakhir dari tiap bulan dan akan berlanjut sampai minggu
tertentu. Indeks akan diperbaharui biasanya didasarkan pada isi website yang
mereka punyai disimpan dalam database di awal bulan untuk website kita, oleh
karena itu maka perhitungan ranking akan dilakukan berulang kali untuk
masing-masing halaman dari setiap website. Karena banyaknya halaman indeks
website yang ter-indeks oleh Google, perhitungan ini membutuhkan waktu hingga
beberapa minggu.
Selama periode ini, pencarian ranking dapat berubah, bahkan perubahan sampai pada tiap menit. Fluktuasi bulanan ini dimasukkan ke dalam Google Dance. Anda dapat melihat versi dari indeks server yang berbeda pada TOP TEN Data Center utama Google dengan menggunakan tool Google Dance.
Selama periode ini, pencarian ranking dapat berubah, bahkan perubahan sampai pada tiap menit. Fluktuasi bulanan ini dimasukkan ke dalam Google Dance. Anda dapat melihat versi dari indeks server yang berbeda pada TOP TEN Data Center utama Google dengan menggunakan tool Google Dance.
·
Fresh
Crawl
Fresh Crawl dilakukan oleh spider
Google yang berbeda yang disebut dengan nama Freshbot. Dilakukan beberapa kali
dalam seminggu tapi hanya beberapa halaman saja yang akan dikunjungi. Freshbot
akan melihat halaman baru dan untuk halaman yang dalam waktu dekat terakhir
di-update oleh Administrator website tersebut. Halaman baru segera dimasukkan
ke dalam hasil pencarian, walaupun sebenarnya halaman baru ini belum terindeks
di database utama Google, melainkan tersimpan dalam indeks sementara yang akan
diatur kemudian. Oleh karena itu halaman ini tidak mempunyai urutan yang akurat
sampai Main Crawl pada website tersebut. Proses ini disebabkan karena halaman
web baru tersebut akan dibandingkan lagi dengan halaman web secara keseluruhan
pada indeks utama. Jika kita tertarik, kita dapat memeriksa file log server
anda untuk useragent Googlebot.
Bagaimana
Google menggolongkan website?
Google
menggunakan suatu alat canggih dan algoritma kepemilikan untuk mengatur
rangking website yang menggunakan lebih dari 100 kriteria yang berbeda dalam
perhitungan, masing-masing pertimbangan berubah setiap saat. Karena algoritma
yang berubah-ubah maka dibutuhkan tehnik tertentu yang akan digunakan untuk
bekerja dengan baik dari waktu ke waktu. Hal ini sangat penting untuk diingat
ketika anda menginginkan website yang kita buat tidak diubah kedudukan
(ranking)nya dengan alasan apapun. Untuk alasan ini, pengoptimalan website kita
tidak dilakukan sekali saja. Anda harus selalu mencoba, mengkaji dan
memperbaiki website yang kita buat. Sebenarnya, algoritma Google dapat
dikelompokkan menjadi 2 faktor utama, yaitu:
·
Faktor
Keyword (Textual)
Adalah seberapa baik website kita
dioptimalkan untuk memilih keyword (bagaimana, dimana dan kapan keyword
tersebut digunakan). Pada pertengahan Nopember 2003, Google telah
memperkenalkan suatu algoritma utama yang bekerja selama perubahan yang disebut
Florida Update yang akan mengganti urutan website di dalam database Google.
Jika terdapat kata kunci yang sama pada link dari salah satu halaman website.
Faktor keyword ini menentukan keterkaitan atau relevansi suatu halaman web.
·
Faktor
Link (PageRank)
Hal ini meliputi kualitas dan
kuantitas dari suatu link pada website lain yang menunjuk ke lokasi kita.
Faktor link ini menentukan pentingnya suatu halaman web yang nantinya akan
dihubungkan ke PageRank (PR) Google. Google akan mencari halaman dalam indeksnya
yang merupakan relevansi dan arti penting suatu pencarian ke dalam suatu
istilah atau ungkapan tertentu, kemudian diurutkan ke dalam listing pada
database Google secara descending dalam halaman hasil pencarian.
·
Faktor
keyword dan relevansi halaman website
Keyword atau kata kunci dihubungkan
dengan kata atau ungkapan yang dimasukkan ke dalam Search Engine untuk mencari
informasi tertentu. Meskipun kita kadang memasukkan 2 sampai 5 atau bahkan
lebih ungkapan/kata kedalam teks box pencarian Google itu tidak menjadi masalah
karena Google akan mengindeks semua halaman web yang terdapat dalam indeks dan
daftar halaman yang berisi kata atau ungkapan yang dicari tersebut. Keyword ini
akan menjabarkan tema suatu website. Seberapa baik anda menentukan tema dari
website anda dan seberapa baik anda mengoptimalkan penggunaan keyword yang akan
sangat mempengaruhi rangking website kita di Google. Secara rinci, Google akan
memperhatikan jika ada teks dari link website lain menunjuk/mengarah ke website
kita, judul, isi dari link halaman website tersebut yang juga berisi keyword
kita.
·
Faktor
Link (PageRank) & keutamaan halaman web
Keutamaan halaman web adalah semua
tentang link, kualitas, kuantitas, dan kekuatan. PageRank juga disebut sebagai
RP Google. Ketika marketer internet berbicara tentang cara untuk mengoptimalkan
suatu website untuk Search Engine, mereka umumnya membicarakan tentang aspek
peningkatan website tersebut yang akan meningkatkan relevansi halaman website.
Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena faktor kualitas dari website tersebut juga
patut menjadi perhitungan.
Google akan mencari link yang akan
ditunjuk ke halaman website kita dari website lain. Google mempercayai bahwa
kalau ada link dari website A ke website B adalah vote yang penting dari
website B. Dimana hal ini akan menolong setiap halaman di website anda
mempunyai nilai PR (PageRank). Pada umumnya nilai PR ini selalu paling tinggi
untuk halaman web Home yang banyak dikunjungi para netter sebelum mereka masuk
ke sub halaman website kita (melalui link tentunya).
Semakin banyak website lain yang
mempunyai link ke website kita (relasi), maka semakin penting dan semakin
sering kunjungan Google dan semakin tinggi juga nilai PR kita. Lebih dari itu,
kualitas dan kuantitas dari suatu link juga dipertimbangkan mengingat tidak
semua link akan bernilai sama. Pelihara ingatan anda tentang PageRank, karena
faktor tunggal ini digunakan untuk penyusunan urutan website dalam database
Google (Ranking).
Yang perlu kita ingat, PageRank bukan faktor utama di dalam keyword yang digunakan di website kita. Nilai PageRank akan aktif setelah membandingkan halaman pada website di dalam indeks Google vs halaman web yang lain (lebih dari 3,3 Milyar halaman web).
Yang perlu kita ingat, PageRank bukan faktor utama di dalam keyword yang digunakan di website kita. Nilai PageRank akan aktif setelah membandingkan halaman pada website di dalam indeks Google vs halaman web yang lain (lebih dari 3,3 Milyar halaman web).
Top
5 dalam pencarian Google
Walaupun
Google melihat dari 100 kategori yang berbeda untuk mengurutkan website, disini
ada 5 aspek yang sangat berpengaruh dan harus dimengerti secara serius tentang
top ranking adalah:
·
Keyword
digunakan di dalam judul halaman web anda (letaknya diantara tag
<TITLE>).
·
Keyword
digunakan di dalam heading (H1) dan di paragraf pertama halaman website kita.
·
Keyword
digunakan di dalam teks link, keduanya di website anda dan di website lain.
·
Nilai
PageRank dari halaman websitekita, tergantung banyaknya link menuju ke website
kita dari website lain.
·
Halaman
yang berisi lebih dari 200 kata dari teks yang relevan (semakin banyak semakin
baik)
Untuk
meletakkan event yang lebih sederhana dalam masalah penempatan ranking tinggi
di Google, maka kita membutuhkan pengoptimalan website anda dengan menggunakan
keyword atau kata kunci yang paling baik. Hal ini bisa didapat dengan cara
mengambil beberapa website penting dan relevan ke link website anda, dan anda
bisa mengganti teks berisi link dengan keyword yang paling baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar