PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
- DATA
- Kumpulan fakta.
- Diperlakukan sebagai raw materials.
- Definisi Formal DATA: Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.
- Jenis-jenis DATA:
- Angka
- Huruf
- Simbol
- Teks
- Gambar
- Bunyi atau Audio atau Suara
- Video
- Atau Kombinasinya
- INFORMASI
- Data yang memiliki makna di dalam konteksnya
- Data yang saling berhubungan
- Data setelah dimanipulasi
- Properti terstruktur
- Untuk menjadi suatu informasi, data (umumnya) perlu mengalami tahap pemrosesan
- Sifat INFORMASI:
- Perfect (sempurna, pasti)
- Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian)
- Sumber INFORMASI:
- Pengataman lapangan (observasi)
- Kuesioner
- Kejadian/event (pencatatan/perekaman)
- Pemodelan (simulasi, forecasting)
- Media massa
- Alat telekomunikasi
- Alat elektronis
- Dll
- Karakteristik INFORMASI yang baik:
- Tepat waktu
- Akurat
- Mudah diakses
- Menghilangkan keraguan
- Berhubungan
- Berdasarkan fakta
- ILUSTRASI DATA VS INFORMASI
Ilustrasi Data vs Informasi |
- KNOWLEDGE (PENGETAHUAN)
- Hasil internalisasi informasi
- Informasi tentang area perhatian tertentu
- Informasi untuk mendukung keputusan
- Hasil dari memahami informasi
- is the result of the understanding of information.
- HUBUNGAN ANTARA DATA, INFORMASI, DAN KNOWLEDGE
- ABAD INFORMASI
- Evolusi Abad Informasi\
- Abad Pertanian (Tahun < 1800) : Bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan.
- Abad Industri (1800 – 1957) : Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin.
- Abad Informasi (1957 – sekarang) : Pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi.
- MASYARAKAT INFORMASI
- Adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.
- TEKNOLOGI
- Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis.
- Aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis
- TEKNOLOGI INFORMASI
- Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
- Turban (Efraim Turban, 2008): The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization
- Contoh TEKNOLOGI INFORMASI:
- TUJUAN DAN FUNGSI TEKNOLOGI INFORMASI
- TUJUAN
- Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
- FUNGSI
- Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
- URGENSI TEKNOLOGI INFORMASI
- Perlunya Teknologi Informasi, karena:
- Kompleksitas tugas manajemen
- Pengaruh globalisasi
- Perlunya response time cepat
- Tekanan persaingan bisnis
- Peningkatan layanan
- KOMPONEN TEKNOLOGI INFORMASI
- Hardware (HW): Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi.
- Software (SW): Perangkat Lunak (atau software) adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk :
- Program
- Dokumen
- Data
- Brainware (BW): Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.
- Firmware: Perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen. Instruksi yang disimpan permanen di ROM.
- Infoware: User manual, SOP, cyber law
- PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI
- Industri
- Perbankan, dalam melakukan pengelolaan data nasabah, tabungan, pinjaman, pembuatan laporan akuntansi, pelayanan informasi pada nasabah dll.
- Pendidikan / sekolah, dalam melakukan pengelolaan data siswa, penjadwalan kegiatan, perkuliahan, nilai dll.
- Kesehatan / Rumah Sakit, dalam melakukan pengelolaan histori penyakit / pengobatan pasien, menangani pembayaran perawatan dll.
- Pemerintahan
- Hiburan
- Kepegawaian, untuk berbagai perusahaan yang memiliki banyak pegawai.
- Pergudangan (inventory), untuk perusahaan manufaktur (pabrik), grosir (reseller), apotik dll.
- Akuntansi, untuk berbagai perusahaan Layanan pelanggan (Customer care), untuk perusahaan yang berhubungan dengan banyak pelanggan (bank, konsultan dll)
- Telekomunikasi, dalam melakukan pengelolaan data administrasi kabel / data pelanggan, menangani gangguan dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar